Who's Fransisca Betha?

Sunday 2 June 2013

Imunisasi (TT) Tetanus Toxoid Bagi Ibu Hamil: Defisini, Manfaat, & Efek Samping

Imunisai (TT) Tetanus Toxoid Bagi Ibu Hamil: Defisini, Manfaat, & Efek Samping
Apa sebenarnya imunisasi TT itu?
Imunisasi TT (tetanus toxoid) adalah imunisasi yang diberikan untuk ibu hamil agar ibu hamil bisa membangun sistem imun yang akan memerangi infeksi tetanus. Bayi yang baru lahir sangat rentan terkena tetanus begitu pula dengan sang ibu mengingat pada proses persalinan selalu terlibat proses pemotongan.
Tetanus dapat terjadi pada saat alat yang digunakan selama proses pemotongan misalnya plasenta tidak steril. Dengan demikian bayi dan ibu bisa terjangkit tetanus. Oleh sebab itu pemberian imunisasi tetanus bisa memberikan kekebalan pada ibu dan anak.
Apa itu penyakit tetanus?
Tetanus disebabkan oleh bakteri yang disebut dengan nama Clostridium tetani dimana mikroorganisme itu menghasilkan zat racun yang bekerja merusak sistem syaraf pusat. Toksin ini akan masuk kedalam tubuh melalui luka terbuka yang ada di pihak ibu maupun bayinya yang didapat setelah proses kelahiran.
Apakah imunisasi TT ada efek sampingnya?
Sebagai ibu yang sedang hamil mungkin Bunda masih punya keraguan untuk melakukan imunisasi TT ini. Keraguan timbul disebabkan nantinya dengan imunisasi bisa mempengaruhi janin yang Bunda kandung.
Imunisasi diberikan dengan menginjeksikan bakteri yang telah dilemahkan dan dimurnikan dengan demikian tubuh bisa membentuk antibodinya. Imunisasi tetanus toxoid adalah aman bagi Bunda yang sedang hamil, efek samping yang diderita adalah rasa nyeri karena suntikan, dan pembengkakan pada bagian yang di suntik.
Akan tetapi Bunda tidak perlu khawatir disebabkan hal ini akan hilang dengan sendiri setelah 1-2 hari serta tidak diperlukan perawatan yang khusus oleh dokter.
Bagaimana mendapatkan imunisasi tetanus toxoid?
Sebagai seorang Bunda hamil yang peduli akan kesehatan kehamilan Anda maka seharusnya BUnda bisa lebih aktif lagi untuk menanyakan bagaimana bisa Bunda mendapatkan imunisasi TT tersebut.
Petugas kesehatan diwajibkan untuk aktif memberikan informasi yang benar atas pentingnya imunisasi TT bagi ibu hamil. Oleh sebab itulah sejak awal Bunda memeriksakan kehamilan ini bertanyalah pada dokter kandungan Bunda kapan Bunda bisa mendapatkan imunisasi tersebut

sumber:  http://tips-ibuhamil.info/imunisasi-tt-tetanus-toxoid-bagi-ibu-hamil-defisini-manfaat-efek-samping.html

No comments:

Post a Comment