Who's Fransisca Betha?

Saturday 1 June 2013

Self Hypnobirthing (Hypnobirthing diri sendiri)

Pernahkah kamu mendengar tentang hypnobirthing? Hypnobirthing adalah suatu cara yg sangat brilian untuk membantu anda tetap berpikir positiif selama kehamilan dan persalinan normal. Dengan mempraktekkan teknik hypnobirthing ini  anda dengan sendirinya menyingkirkan unsur negatif dari diri anda n pembekalan unsur2 positif selama kehamilan dan persalinan. 
Hypnobirthing berasal dari kata hypnos berarti tidur, merupakan penggalan dari kata hypnosis/hypnotism, yaitu komunikasi pikiran bawah sadar. Birthing berarti melahirkan. Meski demikian, hypnobirthing adalah suatu istilah yang dipatenkan oleh Marie F. Mongan sejak tahun1989. Meski secara modern di AS metode hypnotherapy untuk melahirkan sudah dikenal sejak tahun1950-an dengan istilah istilah lain yang mengandung pemaknaan yang sama yaitu hypnobabies, hypnobirth, hypnosis for birthing, hypnosis for babybirth , hypnosis for child . Selain itu tokoh tokoh hypnotherapy di berbagai penjuru dunia sudah biasa membantu wanita hamil  supaya dalam masa kehamilan bisa selalu tenang, rileks dan jauh dari rasa sakit.
Di berbagai belahan dunia dikenal pula teknik tradisional melahirkan tanpa rasa sakit. Melahirkan adalah fungsi alami wanita. Melahirkan tanpa rasa sakit bukan hal baru. Para ibu di desa desa diAfrika sudah punya tradisi lama dalam melahirkan tanpa banyak keluhan. Ini sejalan dengan Asumsi yang mendasari hypnobirthing, bahwa persalinan itu adalah keadaan fisiologis (keadaan normal sehat) bukan patologis (keadaan sakit) yang dialami oleh wanita

Setiap wanita bisa melakukan hypnobirthing. Prinsipnya adalah relaksasi pikiran , relaksasi nafas dan relaksasi tubuh. Relaksasi atau hypnobirthing ini bisa dilakukan oleh hypnotherapis, Dokter juga paramedis kepada pasien sang ibu hamil, bisa juga dilakukan oleh suami (yang sudah mendapat pelatihan hypnobirthing) kepada istrinya saat masa hamil, bisa dilakukan oleh ibu hamil (self hypnosis) hanya dengan ikut pelatihan singkat.




Hypnobirthing dalam 5 langkah:
Langkah 1: Komitmen pada diri sendiri untuk mempraktekkan teknik hypnobirthing.

Sebagaimana dengan hal yang lain anda membutuhkan komitmen pada diri sendiri jika anda ingin teknik ini berkerja pada diri anda. Jika anda komitmen pada diri anda! Teknik ini sebagaimana yang telah terjadi pada banyak pribadi akan membantu anda membuka cakrawala baru yang tak hanya membantu anda dalam proses persalinan dan kehamilan, juga akan membantu meningkatkan kualitas kehidupan sehari-sehari anda.

Langkah 2: Mendeklamasikan Afirmasi Hypnobirthing Setiap Hari

Afirmasi (Inggris : Affirmation) atau dalam bahasa Indonesia diartikan dengan penegasan. Afirmasi mirip seperti doa, harapan atau cita-cita, hanya saja afirmasi lebih terstruktur dibandingkan dengan doa dan lebih spesifik. 

Lekatkan kata-kata positif pada cermin anda atau tempat2 lain di kamar anda.  Bacalah  dengan segenap hati tiap pagi anda bangun tidur dan tiap malam hendak tidur. Anda juga bisa merekam perkataan anda dan mendengarkannya sepanjang hari.

Jadi luangkan waktu untuk memikirkan dan menuliskan beberapa hal positif yang Anda ingin untuk mengingatkan diri Anda. Tulisan2 tersebut haruslah pernyataan yang membuat Anda merasa aman,  harus memanggil perasaan positif, damai, tenang dan penuh kasih tentang kehamilan dan kelahiran. Dan ingat untuk selalu menggunakan kalimat positif.

Berikut adalah beberapa contoh afirmasi Hypnobirthing positif:

"Saya mencintai tubuh hamil saya dan saya merasa luar biasa!"

"Saya tahu bahwa bayi saya tumbuh sehat dan kuat dalam diriku sekarang."

"Saya percaya pada proses persalinan saya, dan saya membiarkan tubuh ini melakukannya."

"Saya tahu bahwa tidak ada batasan untuk seberapa dalam saya bisa rileks."

"Saya berharap untuk waktu melahirkan."

"Saya tahu bahwa bayi saya akan lahir dengan indah dan damai."


  
Langkah 3: Hindari Sugesti Negatif
Hal ini tampaknya cukup sederhana kan? Jangan berbicara buruk tentang diri Anda. Jangan menempatkan diri tak mampu. Dan berhenti mengeluh.

Langkah 4: Hindari Orang Negatif dan Situasi ke Arah Sana
 

Anda tahu ada akan ada situasi tertentu atau orang yang akan menjadi negatif. Berdiri teguh dalam keyakinan Anda dan jangan biarkan orang lain berhasil dalam mengisi Anda dengan ketakutan mereka. cobalah untuk menghindari mereka  sampai setelah kelahiran Anda!
Hal ini spertinya tak mungkin oleh karena itu anda sangat membutuhkan  langkah ke 5
Langkah 5: Ciptakan dan Gunakan Gelembung Proteksi dan Kedamaian
Ini adalah gelembung magis yang Anda buat di sekitar diri yang melindungi Anda dan bayi Anda dengan bertindak sebagai semacam perisai tapi juga senjata yang memukul mundur semua pikiran negatif, ide, energi dan saran. Pada saat yang sama bahwa gelembung itu menjaga hal-hal buruk di luar, juga melindungi dan memperkuat perasaan damai, kenyamanan dan cinta di dalamnya. Gelembung ajaib sebagai perlindungan mudah dan damai anda yang dibuat dan tersedia untuk Anda gunakan langsung pada setiap saat atau tempat! 
Untuk membuat gelembung ini yang harus Anda lakukan adalah mengambil beberapa saat untuk menemukan tempat yang tenang, dan mulai relaks yang sangat dalam, kemudian bayangkan dalam cahaya putih yang indah melapisi seluruh tubuh dan terutama bayi anda. Anda mungkin membayangkan, melihat, merasakan atau hanya merasakan cahaya ini sekitar Anda. Fokus pada dan rasakan kelimpahan damai dan cinta memancar di dalamnya.

Setelah Anda merasa diri Anda sepenuhnya dikelilingi dalam terang ini. Gelembung Anda damai dan perlindungan siap untuk digunakan. Ingat bahwa itu tersedia bagi Anda setiap saat! Gunakan setiap kali Anda merasa bahwa Anda mungkin perlu melindungi diri sendiri, seperti sebelum anda pergi ke tempat umum, atau ke dokter.

Jika Anda ingin menambahkan tiga lapisan perlindungan yang harus Anda lakukan adalah membayangkan menambahkan lapisan ungu dan lapisan hijau untuk gelembung Anda.
 
 Menyempurnakan Teknik Hypnobirthing Anda

Sekarang hanya karena Anda telah bersumpah untuk tetap positif tidak berarti bahwa Anda tidak akan lagi dihadapkan dengan situasi negatif. Tapi sekarang Anda harus alat menangani mereka. Jadi, bukannya melihat apa yang disebut "negatif" sebagai hal yang buruk mulai melihatnya sebagai hal yang baik.
 

Situasi negatif tidak disajikan kepada Anda lagi untuk merusak pikiran Anda, menyebabkan Anda ketakutan, atau mengurangi ide-ide positif Anda, mereka sekarang di sini hanya sebagai platform bagi Anda untuk berlatih dan menyempurnakan alat dan kemampuan untuk tetap tenang dan damai dalam situasi apapun.

No comments:

Post a Comment